Selasa, 22 Maret 2011

INDAHNYA SILATURRAHMI


Nabi bersabda,” barangsiapa ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rizkinya, maka sambunglah tali silaturrahim.” HR Bukhori. Hadits di atas sangat familiar di telinga kaum muslimin di Indonesia dan terjadi beberapa macam penafsiran dikalangan muhadditsin. Imam Shon’ani dalam Subulussalam memberikan beberapa pandangan, diantaranya adalah bahwa siapapun yang menyambung tali silaturrahim akan diberikan umur panjang oleh Alloh swt dalam arti hakiki, sementara ulama lain berpandangan bahwa yang dimaksud dengan panjang umur di dalam hadits itu adalah keberkahan hidup, meskipun Alloh memberikan umur yang singkat padanya akan tetapi orang lain dapat mengambil kemanfaatan darinya meskipun dirinya sudah lama meninggal dikalang tanah.
Silaturrahim juga dapat memperluas rizki, sebab dengan sering bersilaturrahim maka akan terbina jalinan persaudaraan yang kukuh yang akan berimbas pada terbinanya network yang rapi. dengan sering berkunjung dan berziarah antara sesama muslim diharapkan dapat tercipta kepedulian terhadap nasib saudaranya yang mungkin kurang beruntung.
Momen Lebaran, biasanya dimanfaatkan oleh sebagian kaum muslimin di Indonesia untuk mempererat tali silaturrahim dengan sanak keluarga, meskipun disatu sisi sebagaian kalangan menentangnya akan tetapi nilai silaturrahimnya adalah sebuah kemuliaan tersendiri. Menurut Prof Quraish Shihab, dengan silaturrahim masalah dan beban bathin seseorang akan hilang atau minimal berkurang yang imbasnya terhadap kesehatan sangat signifikan, sehingga harapan hidupnya akan lebih panjang. disamping itu silaturrahim juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian.
Mudah-mudahan dengan berlalunya Lebaran, gairah silaturrahim tidak akan pernah padam bahkan tumbuh berkembang.
Sumber : http://tanbihun.com/sosbud/opini/indahnya-silaturrahmi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar